Rabu, 06 April 2022

Convenience sampling adalah salahsatu jenis nonprobability sampling dimana sampel yang dipilih adalah sampel yang menurut peneliti merupakan sampel yang mudah dijangkau. Biasanya, sampel yang dipilih pada convenience sampling adalah sampel yang tersedia.

Definisi

Prosedur yang digunakan untuk mendapatkan unit sampel menurut keinginan peneliti dengan menggunakan sampel yang paling sederhana dan paling ekonomis. Metode convenience sampling tidak memerlukan daftar populasi yang panjang serta tidak memerlukan kerangka sampel. Akan tetapi, output yang dihasilkan dari penelitian ini memiliki tingkat objektivitas yang rendah.

Contoh Aplikasi Pelaksanaan

Convenience sampling sering digunakan oleh perusahaan untuk mengukur persepsi konsumen tentang citra mereka di pasar. Data dikumpulkan dari konsumen untuk mengetahui pendapat konsumen mengenai produk yang baru diluncurkan. Dalam pelaksanaannya, perusahaan biasanya memilih sampel konsumen yang gampang mereka temui.

Contoh kasusnya adalah perusahaan game yang ingin mengetahui bagaimana kinerja salah satu game mereka di pasar satu hari setelah dirilis. Analisnya dapat memilih untuk membuat survei online di Facebook untuk menilai game itu. Tantangan utama dari pendekatan ini adalah menjangkau orang-orang yang bermain game. Karena media sosial adalah tempat yang luas, selalu sulit untuk mengumpulkan sampel dari populasi yang diminati.

Kebanyakan orang mungkin tidak tertarik atau menganggap serius survei saat menyelesaikannya, yang mengakibatkan kesalahan pengambilan sampel. Survei dapat ditingkatkan secara signifikan jika analis mempostingnya ke halaman penggemar yang didedikasikan untuk pecinta game. Dia mungkin menemukan lebih banyak orang dalam kelompok itu yang cenderung menilai dan menilai permainan secara kritis.

Kelebihan Penggunaan Convenience sampling


  • Data dapat terkumpul dengan cepat.
    Karena sampel yang dipilih adalah sampel yang gampang dijangkau, maka pengumpulan data dapat dilaksanakan dengan mudah. Pada contoh kasus sebelumnya, survei yang dilaksanakan oleh perusahaan game akan mendapatkan respon yang baik dari penggemar game tersebut. Penggemar game tersebut telah memiliki ikatan dengan game tersebut, sehingga mereka akan dengan mudah meluangkan waktunya untuk memberikan masukan kepada game yang mereka sukai.

  • Sampel dapat dipilih dengan biaya yang murah.
    Sampel yang dipilih pada Convenience sampling biasanya didapatkan dengan biaya yang murah. Itu dikarenakan peneliti memilih sampel yang dirasa mudah untuk dijadikan sampel. Pada contoh kasus sebelumnya, perusahaan game hanya cukup memposting survey tersebut di halaman Facebook penggemar game tersebut, maka tanpa ada bujukan lebih lanjut, para penggemar game tersebut akan mengisi survey tersebut.

  • Tak banyak memiliki aturan yang harus dipatuhi
    Terkadang akan sulit bagi kita untuk melakukan suatu survey jika survey tersebut menerapkan metode sampling yang memiliki banyak aturan. Hal tersebut tidak berlaku jika kita menerapkan metode convenience sampling. Tak banyak aturan sampling yang harus ditaati

Kekurangan Penggunaan Convenience sampling


  • Sampel tak dapat merepresentasikan populasi.
  • Cenderung memiliki sampling bias yang tinggi.

0 comments:

Posting Komentar